Webinar “Edukasi Literasi Spasial dan Literasi Ramah Anak untuk Sekolah Dasar” sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam peringatan Hari Anak Nasional dan rangkaian Dies Natalis Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada telah diselenggarakan siang tadi oleh Kelompok Studi Gender dan Pembangunan, Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Pembicara pada webinar kali ini adalah Dra. Elvi Hendani (Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia), Prof. Dr. R. Rijanta M.Sc. (Ketua Senat dan Guru Besar Departemen Geografi Pembangunan Fakultas Geografi UGM), dan Novia Nuryany, S.I.P., M.Pd. (Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta). Moderator webinar adalah Surani Hasanati, S.Si., M.Sc. yang merupakan periset Kelompok Studi Gender dan Pembangunan DGP FGE UGM. Sementara host webinar ini adalah Alia Fajarwati, S.Si., M. IDEA sebagai Ketua Kelompok Studi Gender dan Pembangunan DGP FGE UGM) serta pengantar wacana diberikan oleh Dr. Andri Kurniawan. S.Si., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Geografi UGM.
Sesi pertama adalah pemaparan materi oleh Dra. Elvi Hendani yang membahas tentang kebijakan nasional dan implementasi program Sekolah Ramah Anak serta adjustment dalam masa Covid-19. Beliau memaparkan Sekolah Ramah Anak (SRA) pada tingkat sekolah sebagai pendidikan formal, nonformal, dan informal yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak termasuk mekanisme pengaduan untuk penanganan kasus di satuan pendidikan. Beliau juga mengemukakan pada masa pandemi Covid-19 ini, perlindungan anak harus ditingkatkan karena anak rentan terhadap Covid-19
Sesi kedua merupakan pemaparan materi oleh Prof. Dr. R. Rijanta M.Sc. tentang Kecerdasan Spasial dan Literasi Geografis untuk Anak. Beliau menjelaskan bahwa manusia memiliki berbagai macam kecerdasan, seperti musical, visual-spatial, verbal-linguistic, logical-mathematical, bodily-kinesthetic, interpersonal, intrapersonal, naturalistic, dan existential-moral. Kecerdasan visual-spatial intelligence memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Kecerdasan spasial ini sebagai dasar dalam membangun membangun kecerdasan-kecerdasan lainnya. Sebab kecerdasan spasial merupakan predictor penting untuk mencapai STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic).
Sesi ketiga merupakan pemaparan materi oleh Novia Nuryany, S.I.P., M.Pd. mengenai good practice “Edukasi Literasi Spasial dan Literasi Ramah Anak untuk Sekolah Dasar” di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Beliau menjelaskan dalam edukasi ramah anak praktek salah satunya adalahtelah melakukan pendampingan minat dan bakat peserta didik dengan cara yang berbeda-beda sesuai karakter masing-masing siswa. Sedangkan contoh praktek edukasi literasi spasial telah dilakukan dengan penggunaan gambar-gambar diagram peta ilustrasi, pengamatan desain detail sketsa demostrasi, pembuatan kerajinan tangan proyek mind maping, dan analisis cara kerja, cara gerak, model/tiruan hubungan antar bagian.
Terima kasih banyak kami haturkan kepada Bapak/Ibu yang telah berkenan hadir dalam webinar “Edukasi Literasi Spasial dan Literasi Ramah Anak untuk Sekolah Dasar”. Sekaligus mengundang Bapak/Ibu untuk berkenan hadir kembali dan mengajak kolega pada Seminar Series Kelompok Studi Gender dan Pembangunan FGE UGM berikutnya dengan tema dan bahasan yang tidak kalah menarik. Materi akan disampaikan melalui web dan sosial media Departemen Geografi Pembangunan.
- YouTube Departemen Geografi Pembangunan FGE UGM https://youtu.be/p76bCDjpPC0
- Instagram: @pw_ugm
- Website: https://pw.geo.ugm.ac.id/
Lampiran: Materi Para Narasumber
Materi Dra. Elvi Hendrani: Apa dan Mengapa Ramah Anak di Satuan Pendidikan?
Materi Prof. Dr. R. Rijanta M.Sc.: Kecerdasan Spasial & Literasi Geografis for Kids